eXTReMe Tracker

Jumat, 24 Januari 2014

Cara Jitu Mengatasi Stress


Cara Jitu Mengatasi Stress



Dalam dinamika kehidupan kita sehari-hari, tidak ada satupun manusia yang luput dari masalah dengan beragam tingkatan dan sebab yang berbeda, banyak masalah, tekanan pikiran dll. Selalu menjadi pemicu mendatangkan stress dan depresi.

Semua itu biasanya terjadi karena sesuatu yang tidak sesuai oleh harapan. Dampaknya bisa dibilang cukup berbahaya, karena stress bisa membuat emosional seseorang terganggu bahkan bisa mempengaruhi kesehatan fisik dan mental yang otomatis akan memberikan dampak negatif terhadap produktivitas kita sehari-hari. Terlalu sering stress atau over stress bisa berakibat fatal untuk orang yang mengalaminya, karena dengan mempengaruhi mental dan kejiwaan semua yang kita lakukan bisa terjadi diluar kontrol diri.

Salah satu dampak dari stess yang saat ini sering terjadi, khususnya dari kalangan muda-mudi yaitu penggunaan obat-obatan terlarang yang mereka anggap sebagai pelarian dari beban pikiran atau masalah yang dihadapinya. Namun kekeliruan seperti itu sangat berbahaya, hanya bisa membuatnya menyesal setelah kecanduan, menghabiskan harta keluarga untuk membeli drugs, dan akhirnya berujung di penjara atau meninggal dunia.

Penyesalan memang datangnya belakangan, karena itu sebaiknya kita lebih berhati-hati dan mengetahui cara yang paling tepat untuk menghadapi stress, dan semoga beberapa cara berikut ini dapat membantu :

  • Penyebab Stress
Apabila seseorang mengalami tekanan pikiran karena stress pasti ada sebab terjadinya, sebelum berpikir untuk mencari jalan keluar dari tekanan yang kita alami kita harus tahu terlebih dulu apa yang membuat kita tertekan, masalah apa yang kita hadapi sehingga membuat kita stres. Kita harus mengetahui secara detail apa penyebabnya baru mencari jalan keluarnya.

  • Menjernihkan Pikiran
Tidak ada hasil baik dari apapun yang kita pikirkan jika kita menggunakan pikiran yang tidak jernih, karena untuk mencapai semua yang kita inginkan, terlebih dahulu kita harus menyusun langkah atau perencanaan yang tepat, dan itu kita dapatkan melalui pikiran yang jernih.

Jika masalah yang kita hadapi itu berkaitan dengan orang-orang di sekitar kita, maka jangan mengedepankan rasa ego dan emosi. Pikirkanlah terlebih dahulu apa yang salah dari kita dan apa yang benar dari orang yang berselisih dengan kita.
  • Perbanyak Olahraga
Olahraga. Selain menyehatkan, cara ini bisa membantu kita untuk berpikir lebih tenang dengan melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh kita. Selain itu, olahraga juga bisa melatih diri kita untuk fokus terhadap yang kita lakukan. Jadi, berolahraga dengan teratur itu secara tidak langsung akan mendukung dan membantu kita dalam memecahkan sebuah masalah yang membuat kita stress.
  • Tidur
Kurang tidur juga bisa menjadi salah satu penyebab stress, karena dengan tidur yang kurang maka aliran darah dalam tubuh kita juga tidak normal, dan juga akan membuat anggota tubuh kita yang lain tidak berfungsi sebagaimana mestinya, termasuk pikiran kita. Jadi usahakanlah untuk selalu beristirahat yang cukup.

Atau saat anda stress yang bukan di sebabkan kurang tidur, cobalah untuk tidur sejenak agar pikiran dan saraf-saraf kita bisa beristirahat, itu seperti kita merefresh diri kita agar bisa mulai menghadapi masalah dengan lebih baik.
  • Berbagi / Sharing
Dalam hidup bersama, kita pasti saling membutuhkan satu sama lain. Begitu juga saat kita mengalami stress dan merasa belum bisa berpikir dengan tenang, cobalah untuk berbagi, cerita atau biasa di sebut curhat kepada orang lain.

Namun untuk cara yang ini kita juga tidak boleh mengedepankan ego kita, karena seseorang yang stress sering berkata "memang kalau hanya ngomong itu gampang, karena bukan kamu yang mengalaminya!" kepada orang yang memberikan masukan kepadanya.
Padahal, justru karena yang memberi masukan itu tidak mengalami masalah yang kita alami, maka ia memiliki pikiran yang jauh lebih tenang dari kita.

Kita harus pandai memilih orang yang akan kita ajak berbagi, sebaiknya orang itu tahu atau sudah berpengalaman dengan problem yang kita hadapi. Contohnya, jelas kurang tepat kita berbagi masalah rumah tangga dengan orang yang belum pernah berumah tangga.
  • Positif
Stress identik dengan hal yang negatif, yang juga selalu datang dari hal yang negatif pula. Karena itu kita harus menghadirkan sebanyak mungkin aura positif dalam diri kita. Contohnya dalam pola pikir kita, jangan membiasakan diri kita untuk berpikiran yang tidak-tidak sementara hal tersebut belum kita lakukan, cobalah untuk selalu menghadirkan hal positif dari hati dan pikiran kita, maka itu akan memberikan dampak positif pula dalam tindakan kita.
  • Ibadah
Sebagai umat beragama, kita pasti punya keyakinan. Dalam agama Islam sendiri sudah di sampaikan kepada kita melalui Al-Qur'an bahwa Allah SWT tidak akan menguji seorang hambanya dengan ujian yang melebihi batas kemampuannya (Ujian yang tidak mungkin bisa ia lewati) Itu adalah jaminan bagi kita yang berkeyakinan seorang muslim.

Secara umum, saat kita mengalami stress maka kembalilah kepada Tuhan yang kita yakini akan membantu kita melewati problem hidup yang kita alami.
  • Optimis
Optimislah dengan diri kita sendiri bahwa kita bukan manusia lemah yang dengan mudah dijatuhkan dengan masalah-masalah kita. Lakukanlah hal-hal yang bisa membuat anda optimis dan meningkatkan rasa percaya diri kita untuk menghadapi masalah. Contohnya, berdirilah di depan cermin lalu seolah-olah angkatlah masalah itu ke hadapan kita dan katakan padanya "Saya lebih besar dari kamu, saya tidak takut!"

Cara-cara sejenis itu akan membantu kita lebih semangat dalam menghadapi kehidupan kita secara umumnya, dan menghadapi semua problema hidup ini khususnya.



Itulah beberapa cara jitu mengatasi stress yang bisa kita terapkan dalam kehidupan kita. Yakinilah bahwa tidak satupun dari manusia yang lepas dari masalah, dan masih banyak orang yang menghadapi masalah lebih berat di banding masalah yang kita hadapi. Pandai-pandailah mensyukuri hidup kita, menghargai hidup kita, dan menikmati hidup kita apa adanya. Karena hidup hanya sekali!

"Hiduplah setiap seakan ia adalah akhir dari kehidupan anda.

Hiduplah dengan selalu membawa keyakinan dan harapan.
Hiduplah dengan semangat cinta dan perjuangan.
Hargailah hidup anda!"

0 komentar:

Posting Komentar