eXTReMe Tracker

Jumat, 24 Januari 2014

Jenis Bubur Khas Nusantara



Bubur, siapa yang tidak kenal jenis makanan yang satu ini. Teksturnya yang lembut dan jenisnya yang sangat beraneka ragam menjadikan banyak orang menjadi akrab dengan masakan yang satu ini. Selain tekstur dan jenisnya, harga yang sangat terjangkau dan mudah di temui dimana saja juga menjadi nilai tambah untuk makanan yang tidak lagi hanya di konsumsi bayi dan anak-anak ini. Namun seiring berjalannya waktu, banyak tangan-tangan kreatif yang membuat bubur ini menjadi semakin banyak cita rasanya.

Di Indonesia sendiri, siapa yang tidak kenal dengan makanan ini? Dari Sabang hingga Merauke, bubur sudah sangat mudah di temui dengan ciri khas daerah masing-masing. Menarik bukan? Kalau begitu mari kita simak beberapa jenis bubur khas Nusantara yang bisa jadi referensi kita untuk mencicipi aneka ragam bubur di tanah air.
Berikut 10 jenis bubur khas Nusantara:


1. Bubur Kacang hijau

Kacang hijau, wah sepertinya memang tidak salah jika jenis kacang yang ini dijadikan bubur, karena sama dengan bubur yang mudah di temui dimana saja dan dengan banyak jenis yang berbeda. Kacang hijau juga selalu cocok jika dipasangkan dengan banyak jenis makan dan minuman. Bahkan banyak juga yang menggunakan jenis kacang ini sebagai bahan dasar makanan atau minuman, misalnya puding, kue, sereal, es kacang hijau dan tentunya juga bubur kacang hijau.

Kebaikan gizi yang terkandung dalam kacang yang termasuk jenis polong ini juga memang sangat bermanfaat, di antaranya serat tinggi yang membantu memaksilkan efektifitas kinerja pencernaan dalam tubuh kita, sehingga pencernaan / usus kita tidak kewalahan mengkonsumsi makanan yang mengandung kacang hijau. Selain itu, kacang ini juga kaya akan vitamin C & B.

Kalau mau di tanyakan bubur kacang hijau ini khas dari daerah mana, sebut saja khas nusantara yah! Karena, detiap daerah di penjuru tanah air dapat di jumpai jenis bubur kacang hijau yang berbeda.

2. Bubur Ayam

Pada dasarnya, bubur ayam itu hanyalah bubur biasa yang terbuat dari beras putih yang direbus hingga menjadi bubur, tapi karena di beri tambahan kaldu ayam yang kental dan juga diberikan potongan kecil-kecil ayam yang juga direbus dengan kuah kaldu, jadi bubur itu dikenal dengan sebutan bubur ayam sampai sekarang.

Sama halnya dengan bubur kacang hijau, tidak ada penjelasan yang menyebutkan dari mana asal muasal dari bubur ayam ini, sebab bubur ayam sudah hampir merata dapat di temukan di seluruh kawasan di Indonesia dengan jenis yang bervariasi.

3. Bubur Manado

Bubur manado atau yang lebih dikenal dengan sebutan "Bubur Tinutuan" di daerah asalnya Manado, Sulawesi Utara. Nah, kalau bubur yang ini sudah jelas asalnya. Tapi meski ia makanan khas Manado, bubur ini bisa dibilang sudah menusantara, karena sudah dengan mudah di temukan di setiap kota kawasan Nusantara.

Bahan dasar bubur ini terbuat dari beras putih dan jagung, kemudian di tambahkan dengan aneka macam rempah khas nusantara. Dan biasanya disajikan dengan ikan asin.

4. Bubur Jagung

Jagung yang sangat kaya akan gizi dan menjadi sumber kalori juga vitamin . Dari 100gr jagung mengandung energi “163 kkal” dan juga vitamin A “260 iu”. Tidak salah jika jagung di jadikan bahan dasar bubur dan menjadi sangat populer, selain kandungan gizinya yang baik untuk kesehatan, bubur jagung juga di olah dengan bahan-bahan pelengkap yang membuat bubur ini termasuk mudah di temukan di semua kawasan Nusantara karena rasanya yang nikmat.

5. Bubur Ketan Hitam

Dari namanya, kita pasti sudah bisa menebak apa bahan dasar jenis bubur nusantara yang satu ini. Yah, jelas dari beras ketan hitam dan di rebus bersama gula merah / gula aren hingga tercampur rata. Untuk membuatnya memang semudah itu, namun soal rasanya juga bisa bersaing dengan bubur yang lainnya.

Bubur ini biasa di sajikan dengan saus santan yang gurih dengan tambahan daun pandan. Di sebagian daerah di nusantara, dapat ditemukan juga bubur ketan hitam ini disajikan dengan cara dicampur dengan bubur kacang hijau, jika seperti itu rasanya nikmat luar biasa.


Itulah 5 jenis bubur nusantara yang sehat dan bergizi dan mudah ditemukan dimana saja, bahkan mungkin di semua daerah di Nusantara. Jika ada kesempatan mencoba atau mencicipi semua jenis bubur itu, tentu kita dapat merasakan betapa kayanya Negeri ini.

Nadil TheHunter

0 komentar:

Posting Komentar