eXTReMe Tracker

Sabtu, 27 Juli 2013

Panduan Ibadah Ramadhan



Ramadhan, bulan penuh berkah, rahmat dan ampunan ini seharusnya tidak dilewatkan begitu saja. Sebagai muslim sudah seharusnya kita memuliakan Ramadhan agar bulan yang mulia ini juga memuliakan kita, dan mengangkat derajat taqwa kita di mata Allah SWT dengan menjadi manusia yang mentaati segala perintah dan menjauhi laranganNya. Ada sangat banyak ibadah yang bisa kita optimalkan di bulan ibadah ini, karena itu kita harus tahu cara ataupun kiat-kiat agar kita sukses mengoptimalkan ibadah kita di bulan Ramadhan.
Namun sebelumnya kita harus tahu terlebih dahulu apa-apa saja keutamaan dari bulan Ramadhan ini.

Nabi Muhammad SAW telah menjelaskan kepada kita semua mengenai keutamaan Bulan Ramadhan melalui khutbah beliau yang berbunyi:
"Ramadhan adalah bulan yang agung dan penuh berkah, dalam Ramadhan terdapat satu malam yang jika kita melakukan amal shaleh pada malam itu nilai pahalanya lebih baik daripada seribu bulan kita beribadah (Lailatul Qadr). Allah SWT mewajibkan berpuasa pada siang harinya dan malamnya Ia hidupkan dengan amalan sunnah, barangsiapa yang mendekat kepada Allah dengan melakukan satu kebaikan, maka nilai pahalanya sama dengan melakukan ibadah wajib pada bulan lainnya. Ramadhan juga bulan kesabaran dan buah dari kesabaran adalah syurga, ia juga adalah bulan tolong menolong yang didalamnya rezki seorang mu'min akan bertambah. Siapa saja yang memberikan buka puasa bagi yang berpuasa, maka Allah memberikannya ampunan untuk dosa-dosanya, keselamatan dari api neraka dan juga ia mendapatkan pahala yang sama seperti orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut."
Rasulullah SAW menambahkan:
"Saat memasuki bulan mulia Ramadhan, pintu-pintu langit akan dibuka lebar dan pintu neraka jahannam ditutup rapat sementara syaithan-syaithan di blenggu." (HR: Bukhari Muslim) 

Itulah landasan dari beberapa keutamaan di bulan suci Ramadhan yang harus menjadi motivasi besar kita untuk terus dan terus berupaya meningkatkan kualitas ibadah kita dari hari ke hari dalam bulan penuh berkah ini.

Namun yang disayangkan adalah realitas yang terjadi pada masyarakat kita dewasa ini bukannya berupaya meningkatkan ibadah dari hari ke hari dalam bulan Ramadhan, akan tetapi malah tercipta banyak kemajuan setiap harinya.

Contohnya, pada awal-awal Ramadhan, shaf masjid penuh sampai shaf paling belakang pada setiap shalat fardhu dan tarawih, begitupun pengajian dan saat kultum subuh. Namun memasuki pertengahan hingga akhir bulan Ramadhan shaf masjid yang terisi semakin "maju" ke depan.
Bukan hanya itu, waktu berbuka puasa pun sudah mengalami banyak kemajuan, ada yang memajukannya di sore atau siang hari, atau bahkan di pagi hari sekalipun.

Inilah beberapa contoh "kemajuan" negative yang seringkali terjadi, bahkan mudah kita temukan di sekitar kita, Seolah-olah Tuhan yang kita sembah itu berbeda saat awal Ramadhan dengan pertengahan dan akhir bahkan berbeda juga setelah bulan mulia itu berlalu, na'udzubillah.

Jangan sampai kita termasuk orang-orang yang merugi karena telah menyiakan kesempatan "panen amal baik" dalam bulan penuh kebaikan ini.
Oleh karena itu, kita harus memiliki beberapa program ibadah abdalan sebagai panduan yang harus kita jalankan dalam bulan Ramadhan ini dengan penuh penghayatan dan pendirian yang kuat.

Ada beberapa kiat yang bisa kita jalankan dalam bulan Ramadhan tahun ini, diantaranya:
>> Menjaga puasa dari semua hal yang bisa merusaknya. 
>> Menjaga Shalat fardhu 5 waktu berjama'ah di masjid diiringi keinginan kuat untuk menjadi saksi adzan, iqamah hingga takbiratul ihram bersama imam. Berikut shalat-shalat sunnah rawathib, tarawih maupun shalat dhuha. 
>> Menjaga mata, telinga dan mulut kita dari hal-hal yang tidak di perbolehkan atau di haramkan dan mengarahkannya ke semua perkara positif. 
>> Tilawah Al-Qur'an minimal 1 Juz dalam satu hari sehingga dalam satu bulan Ramadhan kita bisa mengkhatamkan Al-Qur'anul Kariim. 
>> Melakukan i'tikaf pada sepuluh hari terakhir di bulan suci Ramadhan. 
>> Melaksanakan ibadah umrah, karena umrah pada bulan suci Ramadhan ganjarannya sama dengan melaksanakan satu kali haji bersama Rasulullah SAW. 
>> Menjaga pergaulan agar tetap selalu bersama orang-orang shaleh agar kita bisa terus saling ingat mengingatkan dalam kebaikan dan terhindar dari ajakan-ajakan dosa.

Itulah beberapa kiat dan cara yang bisa kita lakukan secara berkesinambungan untuk memperoleh kesuksesan ibadah di bulan Ramadhan.

Namun, meskipun kita telah menyusun program untuk menjalankan kiat-kiat tersebut tetapi dalam pelaksanaannya tidak jarang kita menemukan kendala dan godaan karena satu dan lain hal. Oleh karena itu kita memerlukan prinsip yang kuat dalam prosesnya, istiqamah atau teguh dalam pendirian kita menjadi solusi agar kita bisa tetap bertahan menjalankan semua program ibadah yang kita susun.

Terakhir, jadikanlah malam hari kita dalam bulan Ramadhan sebagai malam untuk muhasabah / introspeksi diri dari semua program harian kita, agar kita bisa mengukur sejauh mana pencapaian kita pada hari itu dan menjadikannya motivasi agar bisa lebih baik lagi di hari esoknya.

Bulan Ramadhan Tidak Menunggu Kita, Dan Tidak Ada Yang Bisa Menjamin Kita Masih Bisa Bertemu Dengannya Tahun Depan!
Jadi, Optimalkanlah Ibadah Ramadhan Anda!!




Jangan lihat siapa yang posting tapi lihatlah isi dari postingannya.
Terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar